Minggu, 22 Mei 2011

AUTOMATED TELLER MACHINES (ATM)

AUTOMATED TELLER MACHINES (ATM)
ATM adalah terminal electronic fund transfer yang memiliki kemampuan melaksanakan berbagai layanan transaksi ke nasabah, yaitu menangani simpanan, pemindahan dana antara rekening tabungan atau giro, informasi saldo, penarikan tabungan, dan pembayaran ke pihak ketiga. Misalnya pembayaran rekening listrik, telpon, kartu kredit, pulsa handphone. Mesin ATM relative bisa bekerja hamper 24 jam per hari dan bisa diletakkan di sekitar bank atau di pusat-pusat keramaian. Penarikan harian biasanya dibatasi sampai sejumlah nominal penarikan tertentu atau bisa juga berdasarkan frekuensi dan total penarikan per hari.
ATM umumnya diaktifkan melalui penggunaan kartu plastik yang diberi kode dengan nomor identifikasi nasabah yang bisa dibaca oleh mesin ATM. Pada sebagian besar sistem, nasabah diharuskan memasukkan personal identification number (PIN) ke dalam ATM sebelum meminta pelayanan melalui mesin tersebut.
ATM bisa beroperasi baik secara off-line maupun on-line. Transaksi off-line dicatat pada tape dan kemudian secara fisik ke bank untuk pemrosesan harian. Karena off-line, sistem ini tidak dihubungkan secara langsung ke pusat data bank, maka verifikasi saldo biasanya dibatasi saldo awalnya. Sedangkan sistem on-line terhubung langsung dengan sistem komputer pusat di bank yang bersangkutan. Komputer melakukan proses setiap transaksi saat itu juga dan menyediakan verifikasi saldo rekening dengan cepat. Pada kedua sistem tersebut, jika terjadi penyalahgunaan, kartu ATM biasanya ditahan atau diblokir, misalnya kartu hilang atau kesalahan input PIN.
Di Indonesia sendiri, baru awal tahun 1990-an sebagian besar bank-bank besar memberikan pelayanan ATM. Jumlah ATM meningkat cepat sampai terjadi krisis ekonomi dan sampai awal tahun 2001 tercatat sebanyak 6,848 buah ATM di Indonesia dimana 88.41% dimiliki hanya oleh 10 bank-bank besar.
Selain itu, ada 6 jaringan pemakaian ATM bersama yaitu ALTO, ATM BERSAMA, CAKRA, FLASH, HIMBARA dan BCA serta 2 jaringan ATM internasional yaitu CIRRUS dan PLUS. Pelayanan ATM bisa ditemui di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Layanan tersebut bervariasi mulai dari penarikan tunai, permintaan informasi saldo, pemindahbukuan ke rekening di bank yang sama, dan fasilitas pembayaran seperti telpon, listrik, dan tagihan kartu kredit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar